MATERI

Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya

A. Bagian-Bagian Rangka Manusia

Rangka yang menyusun tubuh kita dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu:

1. Rangka kepala (tengkorak)

2. Rangka badan

3. Rangka anggota gerak

Dalam tubuh manusia terdapat tulang-tulang. Tulang-tulang tersebut saling berhubungan dan tersusun rapi membentuk rangka seperti gambar di bawah ini:

  1. Bagian- bagian Rangka

Secara garis besar, rangka manusia terbagi menjadi 3 bagian, antara lain tulang rangka kepala (tengkorak), tulang rangka badan,dan tulang rangka anggota gerak. Agar kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut dengan seksama

1) Tulang-tulang rangka kepala

Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak. Apabila kepala terbentur maka otak akan terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak.

2) Tulang-tulang rangka badan

Susunan tulang yang disebut dengan bagian rangka badan pada rangka manusia ialah mulai dari leher sampai dengan panggul. Tulang rangka badan terdiri atas:

a) Tulang leher

Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala. Dengan adannya tulang leher, kepala dapat berdiri tegak.

b) Tulang dada dan tulang rusuk

Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung dan paru-paru. Tentu kamu sudah tahu bahwa jantung berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun paru-paru berfungsi untuk bernapas. Dengan adanya tulang rusuk dan tulang dada, organ-organ penting manusia dapat terlindungi. Perhatikan gambar di bawah ini:

c) Tulang punggung

Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang banyak mengandung sel-sel saraf. Sel-sel tersebut terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, tulang punggung berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas. Perhatikan gambar di  bawah ini:

d) Tulang panggul

Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah. Tulang panggul juga berfungsi sebagai penyangga organ dalam bagian perut. Organ tersebut antara lain usus halus dan usus besar. Perhatikan gambar di bawah ini:

3) Tulang rangka anggota gerak

Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan(tangan) dan tungkai(kaki). Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan. Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki. Perhatikan gambar di bawah ini yaitu:

A. Gambar anggota gerak atas (atas) dan  b. Gambar anggota gerak bawah (bawah)

  1. Fungsi Tulang Rangka Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuk, tulang rangka dibagi dalam tiga bentuk utama, yaitu tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih. Setiap tulang tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Adapun tiga bentuk utama tulang tersebut adalah:

1) Tulang pipa

Tulang pipa adalah tulang yang memiliki bentuk seperti pipa. Disebut tulang pipa karena tulang ini memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga. Rongga pada tulang pipa berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak. Sumsum kuning dapat berfungsi sebagai cadangan makanan. Pada ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah. Sumsum merah ini berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah.

Contoh: tulang lengan, tulang paha, dan tulang ruas jari. Perhatikan gambar di bawah ini:

1) Tulang pendek

Tulang ini memiliki ukuran tulang yang pendek dengan bentuk bulat. Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah. Tulang-tulang yang termasuk tulang pendek antara lain tulang belakang, tulang pergelangan

tangan,tulang pergelangan kaki, ruas-ruas tulang belakang, dan tulang tempurung lutut.

Perhatikan gambar di bawah ini:

Gambar  tulang pendek (atas) dan gambar tulang tempurung lutut (bawah)

1) Tulang pipih

Tulang ini berbentuk pipih atau gepeng. Sama halnya dengan tulang pendek, tulang pipih berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Hal ini disebabkan dalam tulang pipih terdapat ronggarongga kecil yang berisi sumsum merah. Tulang yang termasuk ke dalam tulang pipih, antara lain tulang rusuk, tulang dada, tulang panggul, tulang belikat dan tulang tengkorak kepala. Perhatikan gambar di bawah ini:

Gambar tulang tulang dada (atas) dan gambar tulang belikat (bawah)

C. Hubungan Antartulang

Bagaimana bagian-bagian tubuhmu bisa begitu? Antartulang dalam tubuh kita saling berhubungan. Hubungan antartulang terbentuk apabila beberapa tulang bertemu pada ujung-ujungnya. Hubungan antartulang ini disebut juga persendian. Permukaan ujung tulang yang bertemu (bonggol dan lekuk sendi) dilapisi oleh tulang yang lunak (tulang rawan). Persendian juga dilapisi selaput sendi yang menghasilkan minyak sendi. Minyak sendi mengisi ruangan kecil di antara bonggol sendi dan lekuk sendi, berguna sebagai pelumas dan mengurangi gesekan. Selanjutnya persendian dibungkus dengan simpai sendi dibantu oleh serabut yang menyatukan tulang satu dengan lainnya.Seperti gambar di bawah ini:

D. Fungsi Rangka

Setelah kamu memahami bagian-bagian dan bentuk-bentuk tulang rangka manusia maka tentu kamu dapat merasakan betapa pentingnya rangka. Fungsi rangka tubuh manusia antara lain:

• memberikan bentuk pada tubuh,

• melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak,

• menjaga tubuh agar tetap tegak, dan

• tempat menempelnya otot dan jaringan.

• sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.

• sebagai alat gerak pasif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Halaman

Kategori

Tautan

Meta

Kalender

April 2014
S S R K J S M
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Most Recent Posts

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: